Totto-Chan, dan kebebasan Belajar kita

Buku Totto-Chan : Gadis Cilik di Jendela, merupakan buku yang saya baca ketika semasa kuliah sekitar pertengahan 2002. Buku ini memang inspiratif dan bagaimana kita semestinya menghadapi anak dalam belajar. Bermain. Yah bermain adalah cara terbaik untuk belajar, karena ketika kita gembira maka semua apa yang kita ingin pelajari akan cepat kita dapatkan.

Isi buku Totto-Chan sendiri menceritakan  seorang gadis kecil bernama Totto-Chan atau bernama asli Tetsuko Kuroyagi yang tidak lain adalah penulis buku ini sendiri yang menuliskan pengalamannya semasa kecilnya.

Cerita Totto-Chan diawali ketika dia memasuki sekolah Tomoe, di sekolah barunya ini, Totto-Chan sangat gembira, berbeda dengan sekolah sebelumnya dimana Totto-Chan dikeluarkan karena dipandang bersikap aneh gurunya.

Sedangkan di Tomoe, murid-murid bebas dalam menentukan mata pelajaran sebagaimana keinginan masing-masing, bahkan kelasnya pun merupakan gerbong kereta, sehingga anak-anak merasa sedang dalam perjalanan sambil menatap pemandangan di luar jendela,.mungkin kalau saat sekarang adalah sekolah alam yang mana kita bisa belajar di luar ruang.

Kebebasan untuk belajar, dan bagaimana cara belajar merupakan salah satu inti dari buku ini, karena ketika kita merasa bebas dan gembira, apapun yang dipelajari akan jadi menyenangkan.

Semoga sekarang banyak guru dan sekolah yang, membuat suasana belajar yang menyenangkan. Selamat Hari Guru.
Totto-Chan, dan kebebasan Belajar kita Totto-Chan, dan kebebasan Belajar kita Reviewed by M.Arifiani on 1:50 PM Rating: 5

No comments